Sistem suspensi terletak diantara body kendaraan dan roda-roda, dan dirancang untuk menyerap (mengurangi) kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenyamanan dan stabilitas kendaraan serta mamperbaiki kemampuan daya cengkeram roda terhadap jalan.
Suspensi terdiri dari pegas, shock absorber, stabilizer, dan sebagainya. Pada umumnya suspensi dapat digolongkan menjadi suspensi tipe rigid (rigid axle suspension) dan tipe bebas (Independent suspension).http://tazziemania.files.wordpress.com/2009/04/suspensi-belakangh1.jpg?w=300&h=197http://tazziemania.files.wordpress.com/2009/04/suspensi-belakangh1.jpg?w=300&h=197a. pegas
Pegas berfungsi menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteruskan ke body kendaraan secara langsung. Disamping itu untuk menambah kemampuan cengkeraman ban terhadap permukaan jalan, ada tiga tipe pegas yaitu :
1. pegas koil
Pegas koil (coil spring) dibuat dari batang khusus dan berbentuk spiral
Pegas daun (leaf spring) dibuat dari bilah baja yang bengkok dan lentur.
3. pegas batang torsi
Pegas batang torsi (torsion bar spring) dibuat dari batang baja yang elastis terhadap puntiran.
0 komentar:
Posting Komentar